IBX5980432E7F390 Wisata Karawang : Dari Wisata Alam, Budaya Hingga Sejarah - sampein aja

Wisata Karawang : Dari Wisata Alam, Budaya Hingga Sejarah


Sampein Wisata - Karawang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat dengan nama ibukota bernama sama yaitu Karawang. Kabupaten Karawang terdiri dari 30 (tiga puluh) Kecamatan. Nama Karawang dan Rengasdengklok (salah satu kecamatan di Kabupaten Karawang), namanya sudah tidak asing dalam sejarah perjuangan merebut Kemerdekaan Indonesia. Maka tak heran jika Kota Karawang dikenal sebagai Kota Pangkal Perjuangan dimana Rengasdengklok menjadi tempat dirumuskannya naskah teks Proklamasi.


Karawang juga dikenal sebagai lumbung padi. Karawang memiliki lahan persawahan lebih kurang 94.311 hektare dengan jumlah produksi 1.435 juta ton gabah kering pada setiap hasil panen raya.

Kota Industri juga melekat pada kota Karawang karena di sini banyak berdiri kawasan industri besar terpadu yang suda tertapa rapi seperti KIIC, Suryacipta, Pupuk Kujang, KIM dan kawasan industri kecil lainnya.

Julukan lainnya yang dilekatkan pada Karawang adalah "Goyang Karawang". Istilah ini dikenal karena seni tari dan budaya tradisional khas Karawang yang tidak dimiliki daerah lain yaitu Tari Jaipong yang merupakan seni tari perpaduan topeng banjet, tarling, pencak silat dan wayang golek.

Wisata Apa Saja yang Ada di Karawang?

Wisata Alam : Pantai Tanjung Pakis, Pantai Tanjung Baru dan Mini Green Canyon
Wisata Budaya di Kampung Budaya : Tari Jaipong, Topeng Banjet, Sendratari Dadang Subang Larang, Wayang Golek, Nadran - Ciparage.
Wisata Religi : Makam Syeh Qubro
Wisata Kuliner : Soto Gempol, Pepes Jambal, Soto Tangkar Kaki Sapi
Wisata Sejarah : Tugu Kebulatan Tekad, Situs Batujaya Candi Jiwa


Mini Green Canyon
Mini Green Canyon, Karawang
Mini Green Canyon, Karawang

Lokasi wisata ini berada di bawah aliran sungai Ciomas dengan mata air yang bersih dan alami serta memiliki tebing yang mengapit aliran sungai kecil di bawahnya. Batu-batu besar dan akar pohon yang eksotis akan memanjakan mata para pengunjung saat berenang atau body-rafting di sepanjang aliran air jernih. Untuk menuju ke Mini Green Canyon dapat ditempuh dengan waktu 1.5 jam perjalanan atau berjarak 45 km dari kota Karawang.
Mini Green Canyon, Karawang - Jawa Barat
Mini Green Canyon, Karawang - Jawa Barat

Pantai Tanjung Pakis
Pantai Tanjung Pakis, Karawang
Pantai Tanjung Pakis, Karawang

Lokasi pantai ini berjarak kurang lebih 70 km dari pusat Kota Karawang atau sekitar 2 jam perjalanan. Para wisatawan dapat menikmati suasa pantai dengan pasirnya yang berwarna putih dan deburan ombak yang tenang.

Pantai Tanjung Baru
Pantai ini berjarak sekitar 45 km dari pusat kota Karawang atau sekitar 1.5 jam perjalanan. Sama dengan Pantai Tanjung Pakis, Pantai Tanjung Baru juga berpasir putih dengan ombak yang tenang. Para wisatawan juga dapat melakukan snorkeling karena di pantai ini
memiliki taman laut terumbu karang yang indah.


Kampung Budaya
Lokasinya berjarak kurang lebih 2 km dari gerbang Tol Karawang Barat atau sekitar 10 menit perjalanan. Kampung ini merupakan pusat informasi dan publikasi potensi pariwisata Kabupaten Karawang dan juga sebagai sara bagi para seniman untuk berkreatifitas dan melakukan latihan serta pertunjukan seni tradisional maupun seni modern. Di kampung ini juga terdapat fasilitas lain seperti restoran atau rumah makan, penginapan, gedung pertunjukan dan aula terbuka serta terdapat view atau pemandangan persawahan plus nuansa pedesaan.

Makam Syeh Quro
Syeh Quro atau Syekh Qurotul Ain atau dikenal juga sebagai Syeh Hasanudin atau Syekh Mursahadatillah dikenal sebagai seorang ulama yang menyebarkan agama Islam di Karawang. Namanya tidak hanya dikenal di Karawang, tetapi hingga ke daerah Indramayu, Cirebon bahkan hingga ke Banten. Makam beliau berjarak sekitar 22 km dari kota Karawang.

Situs Batujaya Candi Jiwa
Situs Batujaya Candi Jiwa, Karawang
Situs Batujaya Candi Jiwa, Karawang

Area dimana situs ini berada, lokasi terletak kurang lebih 33 km dari pusat kota Karawang atau sekitar satu jam perjalanan. Situs ini merupakan areal percandian yang dibangun pada sekitar abad ke-2 Masehi atau satu masa dengan jaman kerajaan Tarumanegara dan memiliki landscape yang sangat indah dimana bahan utama dari candi ini adalah batu bata. Yang menarik, semua bangunan candi menghadap ke arah yang sama yaitu 50 derajat dari arah utara. Areal percandian ini dipercaya dahulunya merupakan tempat perayaan puja bhakti dan waisak agama Budha dan banyak dikunjungi peziarah dari penjuru dunia khususnya pengunjung beragama Budha.

Tugu Kebulatan Tekad
Tugu Kebulatan Tekad, Karawang
Tugu Kebulatan Tekad, Karawang

Sejarah kemerdekaan Indonesia tidak dapat dilepaskan dari peran Rengasdengklok sebagai tempat dirumuskannya teks proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Tugu ini merupakan lambang kebulatan tekad para pemuda dengan Soekarno dan Hatta untuk memplokamirkan kemerdekaan Indonesia secepatnya. Tidak jauh dari tugu ini terdapat sebuah rumah milik Djiaw Kie Song, rumah tempat para pemuda bersama Soekarno-Hatta merumuskan teks proklamasi.

Wisata Kuliner

Soto Gempol

Soto Gempol, Kuliner khas Karawang
Soto Gempol, Kuliner khas Karawang

Sajian soto Gempol hampir mirip dengan soto Betawi, tetapi kuah soto gempol lebih berwarna kekuningan. Tempat makan terkenal yang menyajikan kuliner khas Karawang ini yaitu Rumah Makan Soto Gempol Raya yang berada di Jalan Rangga Gede No.45, Tanjungpura, Karawang Barat.

Soto Tangkar

Soto Tangkar khas Karawang
Soto Tangkar khas Karawang
 
Selain soto Gempol, masakan kuliner karawang lainnya yang berupa soto yaitu soto Tangkar. Salah satu rumah makan soto Tangkar yang terkenal di Karawang yaitu Soto Tangkar Mang Nean. Lokasi restonya berada di Jalan Dewi Sartika (di samping Hotel Dewi). Resto soto tangkar populer di Karawang ini sudah ada sejak tahun 1980.

Pepes Jambal

Pepes Jambal Walahar, Karawang
Pepes Jambal Walahar, Karawang
 
Jika ingin menikmati masakan kuliner yang satu ini, Anda akan banyak menemukannya di sekitaran Waduk atau Bendungan Walahar. Karena itulah seringkali pepes jambal ini dinamakan dengan Pepes Jambal Walahar. Jambal sendiri merupakan nama salah satu jenis ikan. Salah satu tempat makan terkenal di sekitar Bendungan Walahar dengan menu khas Pepes Jambal adalah Rumah Makan Haji Dirja.


Semoga bermanfaat dan selamat berwisata.

0 Komentar Untuk "Wisata Karawang : Dari Wisata Alam, Budaya Hingga Sejarah"

Posting Komentar