IBX5980432E7F390 Wisata Ciamis : Cagar Budaya Karangkamulyan (Obyek Wisata Ciung Wanara) - sampein aja

Wisata Ciamis : Cagar Budaya Karangkamulyan (Obyek Wisata Ciung Wanara)


Sampein.net - Bagi penyuka wisata sejarah, wajib nih berkunjung ke Cagar Budaya Karangkamulyan yang ada di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat karena di sini terdapat situs yang merupakan peninggalan masa Kerajaan Galuh. Kerajaan Galuh (kuno) termasuk salah satu kerajaan tertua yang pernah ada di tanah Pasundan dan berdiri sebelum adanya Kerajaan Majapahit atau Kerajaan Pajajaran. Status Cagar Budaya Karangkamulyan ini telah menjadi milik Nasional bukan hanya milik Pemerintah Kabupaten Ciamis sehingga benar-benar dilindungi.

Obyek Wisata Budaya Ciung Wanara
Obyek Wisata Budaya Ciung Wanara, Kab. Ciamis

Cagar Budaya Karangkamulyan berada dalam kawasan Objek Wisata Budaya Ciung Wanara, Desa Karangkamulyan, Kec. Cijeunjing, Kabupaten Ciamis. Lokasinya berjarak sekitar 16 km ke arah timur dari Kota Ciamis atau sekitar 7 km dari Kota Banjar ke arah selatan. Berada di sisi Jalan Ciamis - Banjar, Cagar Budaya ini mempunyai luas tidak kurang dari 25.5 hektar. Oh ya, menyebut "Ciung Wanara" teringat akan kisah atau legenda terkenal dari masyarakat Sunda dan diperkirakan disinilah tempat bukti bahwa legenda Ciung Wanara benar-benar nyata dimasa lalu. www.sampein.net

Sebagian besar peninggalan sejarah dari Kerajaan Galuh kuno di cagar ini berbentuk batu. Setidaknya terdapat 9 situs berbentuk batu yang berhubungan dengan cerita Kerajaan Galuh di masa lalu yaitu :

  • Pancalikan
  • Sanghiyang Bedil
  • Panyabungan Hayam
  • Lambang Peribadatan
  • Cikahuripan
  • Panyandaan
  • Pamangkonan
  • Makam Adi Pati Panekan
  • Patimunan

Gong Perdamaian Dunia

Cagar Budaya Karangkamulyan mempunyai koleksi penting lainnya yaitu Gong Perdamaian Dunia. Gong dengan warna keemasan tersebut berdiameter 333 cm dengan gambar bendera dari 218 negara dan 10 agama di dunia. Gong ini menjadi simbol perdamaian, persaudaraan dan pelestarian alam. Di bagian belakang gong terdapat gambar sebilah keris. www.sampein.net

Gong Perdamaian di Ciung Wanara, Ciamis
Gong Perdamaian di Ciung Wanara, Ciamis

Mengapa Gong Pedamaian Dunia ada di Cagar Budaya Karangkamulyan?
 

Penempatan gong tersebut bukan tanpa sebab dan bukan tanpa dasar, setidaknya ada dua alasan mengapa ada Gong Perdamaian Dunia di Karangkamulyan yaitu :  
  • Seperti diketahui bahwa Karangkamulyan merupakan salah satu situs tertua di Pulau Jawa dan diperkirakan sebagai tempat asal mula dan berdirinya Kerajaan Galuh, kerajaan besar yang pernah ada di pulau Jawa tepatnya di tanah Pasundan.
  • Kerajaan Mataram, kerajaan besar lainnya di tanah Jawa saat dipimpin oleh Raja Sanjaya pernah berperang melawan Kerajaan Galuh.
  • Peperangan dua kerajaan besar itu berkakhir setelah didamaikan oleh salah seorang cucu pendiri Kerajaan Galuh. Kesepakatan perdamaian ini dilakukan di pusat Kerajaan Galuh yaitu di Karangkamulyan.

Transportasi menuju Obyek Wisata Ciung Wanara

Untuk menuju ke kawasan wisata ini dengan kendaraan umum sangat mudah karena lokasinya yang berada di sisi jalan raya Ciamis-Banjar-Pangandaran.
Dari Ciamis-Banjar (sekitar 17 km)
Dari Banjar-Ciamis (sekitar 7 km)

Penginapan
Karena lokasinya yang tidak terlalu jauh baik dari Kota Ciamis maupun dari Kota Banjar, maka untuk keperluan penginapan bisa memilih di Kota Ciamis atau Kota Banjar.

Sedikit tips bila berkunjung ke Obyek Wisata Ciung Wanara terutama di situs Karangkamulyan, sebaiknya jangan sendirian untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dikarenakan suasana di sekitar situs yang masih kental dengan aura mistis. 


Selamat berwisata sejarah.

0 Komentar Untuk "Wisata Ciamis : Cagar Budaya Karangkamulyan (Obyek Wisata Ciung Wanara)"

Posting Komentar