IBX5980432E7F390 Wisata Ciamis : Situ Lengkong - sampein aja

Wisata Ciamis : Situ Lengkong


Sampein.net - Situ Lengkong atau dikenal juga dengan nama Situ Lengkong Panjalu terletak di kaki gunung Sawal yang masih dalam wilayah Desa Panjalu, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis. Jika dari Kota Ciamis berjarak kurang lebih 41 km ke arah utara. Situ Lengkong merupakan salah satu cagar budaya yang dilindungi sehingga selalu terjaga keasrian dan pesona keindahan alamnya. Desa Panjalu dikukuhkan sebagai Desa Wisata pada tanggal 17 Maret 2004 oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.
Situ Lengkong Panjalu Ciamis
Situ Lengkong Panjalu Ciamis
Mendengar kata "Panjalu" tentu tidak terlepas ingatan dari sebuah kerajaan yang juga bernama sama yaitu Kerajaan Panjalu. Ya, di kaki Gunung Sawal dahulu kala pernah berdiri sebuah kerajaan yang awalnya bercorak Hindu bernama Kerajaan Panjalu yang merupakan penerus Kerajaan Panjalu di Kediri yang berakhir ditangan Ken Arok. Dikatakan sebagai penerus Kerajaan Panjalu Kediri karena sisa-sisa keluarga kerajaan dan para pengikut setianya melarikan diri ke daerah Ciamis dan mendirikan kerajaan dengan nama yang sama sewaktu di Kediri.

Situ Lengkong Panjalu mempunyai luas tidak kurang dari 57.95 hektar. Di tengah situ terdapat sebuah pulau dengan luas 9.25 hektar. Pulau ini disebut Nusa Gede atau Nusa Larang dengan hutannya yang lebat dan terjaga atau terlindungi karena Nusa Gede merupakan kawasan hutan lindung sekaligus Cagar Alam yang ditetapkan sejak zaman kolonial Belanda tepatnya sejak tahun 1919. Kekayaan hutan lindung di Nusa Gede antara lain 30 jenis pohon dan beberapa jenis satwa di dalamnya.
Dermaga Pintu Masuk Nusa Gede, Situ Lengkong Ciamis
Dermaga Pintu Masuk Nusa Gede, Situ Lengkong Ciamis
www.sampein.net
Diperkirakan bahwa Nusa Gede dimasa lalu merupakan pusat pemerintahan dari Kerajaan Panjalu Ciamis. Dikelebatan hutan di Nusa Gede terdapat makam Sayyid Ali bin Muhammad bin Umar atau yang dikenal dengan nama mbah Panjalu (dikenal sebagai salah satu penyebar Agama Islam di Panjalu) serta makan keluarga Kerajaan Panjalu.

Peninggalan Panjalu lainnya dimasa lalu dapat dilihat di sebuah bangunan semacam museum yang disebut Bumi Alit Panjalu. Di sini dapat ditemui pedang pusaka yang diberikan oleh Sayyidina Ali R.A. kepada Prabu Sanghyang Borosngora salah satu Raja Panjalu yang termasyur. Selain pedang tersebut, juga dapat ditemui dwisula, keris, kujang dan lain-lain.

Transportasi ke Situ Lengkong

Bagi yang tidak menggunakan kendaraan sendiri, jangan khawatir karena ada transportasi umum untuk menuju tempat wisata ini yaitu :

Terminal Ciamis - Kawali Panjalu
Bandung - Ciamis via Panjalu
Jakarta - Terminal Ciamis - Kawali Panjalu

Penginapan di sekitar Situ Panjalu, Ciamis :

Panda Homestay
Nusa Asri Panjalu Blok A No.2
Jl. Simpar Banjarwaru
Panjalu, Ciamis.

Wisma Firdaus Al Amin (Kelas ekonomi)
Jl. Pasanggrahan
Panjalu, Ciamis

Untuk mendapatkan penginapan sekelas hotel, maka Anda harus ke pusat kota Ciamis yang berjarak sekitar 41 km dari Situ Lengkong.

Selamat berwisata.

0 Komentar Untuk "Wisata Ciamis : Situ Lengkong"

Posting Komentar