IBX5980432E7F390 5 Teknik Menyambung Tanaman Kaktus - sampein aja

5 Teknik Menyambung Tanaman Kaktus


Sampaikan Tips & Trik - Bagi para pecinta tanaman hias, tentu nama tanaman Kaktus tidak asing di telinga. Namun, para pecinta tanaman hias seperti kaktus belum tentu juga dapat memahami setiap jenis tanaman kaktus yang ada. Hal tersebut dikarenakan begitu banyak dan beragamnya jenis kaktus. Dari mulai jenis kaktus yang biasa ditemui hingga jenis kaktus lain yang baru muncul. Dari yang berharga murah hingga yang berharga hingga ratusan ribu rupiah.

5 Teknik Menyambung Kaktus
Tanaman Kaktus juga indah lho
Salah satu jenis kaktus misalnya yang bernama Kaktus Anggur (Sedum Morganianum) yang diberi embel-embel "donkey tail" atau ekor keledai (karena bentuknya yang mirip dengan ekor keledai). Kemudian ada kaktus bernama "Saguaro" yang sangat popular dan dijadikan sebagai simbol dari negara bagian Arizona, Amerika Serikat. Kaktus Saguaro memiliki ukuran yang terbilang besar dan dijuluki kaktus raksasa karena tingginya dapat mencapai 15 meter. Lalu ada kakts "entong" atau "opuntia" yang punya penampilan elolk, unik dan menarik. Kaktus entong ini banyak jenisnya, antara lain seperti Opuntia pycnanta, Opuntia microdasys, Opuntia speciosa dan masih banyak lagi.

Keragaman jenis kaktus tersebut dipengaruhi banyak faktor dimana salah satunya adalah dengan teknik perbanyakan. Pada dasarnya tanaman kaktus dapat diperbanyak baik secara generatif maupun vegetatif. Namun yang menarik adalah teknik perbanyakan vegetatif khususnya yang dilakukan dengan teknik penyambungan.

Dalam teknik penyambungan terdapat lima teknik penyambungan kaktus yaitu :
  1. Sambungan Rata
  2. Sambungan Semai
  3. Sambungan Selah
  4. Sambungan Tusukan
  5. Sambungan Miring.
Teknik Sambung Rata Pada Tanaman Kaktus
Siapkan calon batang atas, dengan cara menyayat dari batang induknya. Bekas potongan itu harus rata dan bebas dari segala kotoran. Berikutnya, siapkanlah pula batang pokok sebagai calon batang bawah dengan cara menyayat. Usahakan agar sayatan tersebut rata.
Apabila mendapatkan calon batang bawah lebih besar dari pada calon batang atas, maka sayatlah sisi-sisinya dengan kemiringan sekitar 45 derajat sehingga diperoleh batang bawah berbentuk lingkaran yang berukuran sama dengan ukuran batang atas. Lalu, letakkanlah sayatan calon batang atas tadi di tengah-tengah batang bawah yang sudah dipersiapkan. Pada teknik ini, agar diperhatikan antara kambium batang bawah dan batang atas harus benar-benar melekat atau rapat. Untuk itu bisa diikat dengan tali yang pada ujungnya diberi beban, Tanaman kaktus yang telah selesai disambung tersebut, sebaiknya ditempatkan di tempat yang teduh.

Teknik Sambung Semai Pada Tanaman Kaktus
Ambilah semai kaktus dari persemaian, kemudian disayat rata pada bagian bawah. Calon batang bawah disayat rata pada bagian pucuknya. Setelah itu, kedua bahan sambungan segera ditempelkan. Dalam teknik ini perlu dilakukan pengikatan karena bagian yang masih basah, walau mudah melekat namun juga mudah terlepas.

Teknik Sambung Celah Pada Tanaman Kaktus
Mula-mula siapkanlah calon batang atas dengan cara menyayat pada bagian sisi bawah kanan dan kiri sehingga membentuk bekas sayatan yang biasa disebut "baji". Bekas sayatan tersebut berukuran panjang sekitar 3 hingga 4 cm. Berikutnya adalah batang bawah dibelah sehingga membentuk celah yang menyerupai huruf "V". Langkah berikutnya adalah memasukkan batang atas ke dalam belahan batang bawah. Dan pakulah sambungan tersebut dengan duri kaktus atau tusuk bambu untuk mengunci sambungan.

Teknik Sambung Tusuk pada Tanaman Kaktus
Teknik penyambungan tusukan ini seringkali disebut dengan "Penyambungan Samping". Pertama-tama calon batang atas disayat berbentuk "baji". Sedangkan calon batang bawah dilubangi miring, yang dalamnya sama dengan panjang baji calon batang atas. Selanjutnya, baji tadi dimasukkan ke dalam lubang pada batang bawah dan pakulah dengan duri kaktus atau tusuk bambu kecil yang halus.

Teknik Sambungan Miring pada Tanaman Kaktus
Siapkan calon batang atas dan calon batang bawah. Kedua calon batang disayat miring 45 derajat. Kemudian tempelkan calon batang atas itu pada batang bawah. Lalu pakulah dengan duri kaktus atau tusuk bambu kecil yang halus. Tempatkan tanaman hasil penyambungan pada tempat yang teduh.

Demikian 5 Teknik Menyambung pada Tanaman Kaktus, semoga bermanfaat.

0 Komentar Untuk "5 Teknik Menyambung Tanaman Kaktus"

Posting Komentar