IBX5980432E7F390 Hindari Makanan dan Minuman Ini Saat Sahur dan Berbuka Puasa - sampein aja

Hindari Makanan dan Minuman Ini Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Sampein - Berpuasa dibulan Ramdhan hukumnya adalah wajib bagi umat Islam yang telah memenuhi syarat. Puasa yang dijalankan yaitu selama sebulan penuh (29 hari atau 30 hari). Selain membutuhkan stamina fisik, dibutuhkan juga pengaturan pola makan saat berbuka maupun saat aahur agar tetap dapat menjalankan puasa sebulan penuh.
makanan dan minuman sahur dan berbuka
makanan dan minuman saat sahur dan berbuka
Makanan dan minuman apa saja yang sedapat mungkin dihindari atau minimal dikurangi konsumsinya saat berbuka puasa dan sahur?
  • Saat makan sahur, hindari makanan yang mengandung minyak berlebih. Kalau pun terpaksa mengkonsumsi masakan yang digoreng, maka sebagai penutup makan sahur yaitu minum segelas air putih hangat agar minyak yang berasal dar makanan tidak tersisa atau menempel pada tenggorokan yang dapat menyebabkan rasa haus berlebihan.
  • Hindari mengkonsumsi mie instant sebagai makanan utama sahur, karena dapat menyebabkan tenggorokan kering sehingga menimbulkan rasa haus yang berlebih.
  • Setelah mengkonsumsi makanan berminyak seperti gorengan saat berbuka puasa, jangan mimum minuman es atau dingin, usahakan minuman hangat agar terhindar dari radang tenggorokan.
  • Jangan minum kopi dan teh sebagai penutup sahur, karena kopi dan teh juga membuat tenggorokan kering yang akibatnya menyebabkan rasa haus berlebih.
  • Hindari minum kopi sebagai minuman berbuka puasa karena kondisi perut yang masih kosong belum terisi makanan dikhawatirkan perut akan "kaget", sebaiknya minum air putih biasa atau bisa juga sedikit hangat.
  • Hindari makanan berbahan jengkol, karena selain dapat menyebabkan bau juga sifat jengkol yang panas pada perut sehingga menimbulkan rasa haus berlebih setelah mengkonsumsinya.
Itulah beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari saat sahur dan berbuka puasa. Semoga bermanfaat dan mudah mudahan kita dapat melaksanakan puasa Ramadhan sebulan penuh serta memperoleh pahala dan berkah dari Allah SWT.

0 Komentar Untuk "Hindari Makanan dan Minuman Ini Saat Sahur dan Berbuka Puasa"

Posting Komentar