IBX5980432E7F390 Berburu Malam Kemuliaan (Laylatul Qadr) - sampein aja

Berburu Malam Kemuliaan (Laylatul Qadr)

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Sampein - Ramadhan adalah bulan yang istimewa dan ada satu malam istimewa yang hanya ada di bulan Ramadhan. Bayangkan, satu malam istimewa di bulan yang juga istimewa. Keistimewaan malam yang disebut Laylatul Qadr banyak termaktub dalam Al-Quran yang juga diturunkan pada Laylatul Qadr atau Malam Kemuliaan.

Keistimewaan dari Malam Kemuliaan ini antara lain yaitu :


Diturunkannya Al-Quran
"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) saat Laylatul Qadr. Dan tahukah kamu apakah Laylatul Qadr itu? Laylatul Qadr itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhan mereka untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan samapai terbit fajar" (Al-Qadr : 1-5).
sampein Berburu Malam Kemuliaan
Gambar Ilustrasi Malam Kemuliaan


Laylatul Qadr mempunyai ketinggian nilainya di sisi Allah SWT. Juga karena pada malam itu ditentukan ajal, rizki dan lainnya selama satu tahun sebagaimana janji Allah SWT dalam Firman-Nya :
"Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah" (Ad Dukhaa: 4)


Malam Seribu Bulan
Beribadah pada malam istimewa tersebut dengan ketaatan, sholat, tilawah, dzikir, doa dan sebagainya sama nilainya dengan beribadah tanpa henti selama seribu bulan atau 83 tahun.

Kapan terjadinya Laylatul Qadr?
Tidak seorang pun tahu mengetahuinya. Namun Rasulullah SAW pernah bersabda "Carilah Laylatul Qadr pada bilangan ganjil dari sepuluh hari terakhir Ramadhan" (HR Bukhari, Muslim dan lainnya). Berdasarkan sabda Rasul tersebut, maka dianjurkan sekali untuk mengisi malam 21, 23, 25, 27 dan 29 Ramadhan dengan sholat tarawih, sholat Tahajjud, tilawah Al-Quran, Dzikir, doa, istighfar dan taubat kepada Allah SWT.
Tentu saja diluar itu, kita tetap berusaha sebaik mungkin untuk tetap melalukan ibadah yang lebih agar malam istimewa itu tak terlewatkan begitu saja.


Apa yang harus dilakukan pada Laylatul Qadr?
Istri Rasulullah SAW, Aisyah suatu kali pernah bertanya kepada Rasulullah SAW : "Kalau aku mengetahui telah datang Laylatul Qadr, apakah yang harus aku baca?"
Rasulullah SAW menjawab : "berdoalah, Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwafa fu anni" yang artinya "Wahai Allah, Engkau Maha Mengampuni dan Engkau suka mengampuni, maka ampunilah aku".
Selain doa tersebut tentu juga dianjurkan sekali untuk mengisi Laylatul Qadr dengan sholat tarawih, sholat Tahajjud, tilawah Al-Quran, Dzikir, doa, istighfar dan taubat kepada Allah SWT.

Bagaimana persiapan berburu Laylatul Qadr?
Begitu istimewa Laylatul Qadr tersebut, tentu Anda tak mau melewatinya begitu saja. Ada beberapa tips berburu Laylatul Qadr yang harus Anda persiapkan yaitu :
  • Jangan biarkan sedetikpun waktu Ramadhan berlalu tanpa adanya ibadah, baik siang maupun malam.
  • Sebanyak mungkin menghabiskan waktu di masjid, sehingga mudah mengingat Allah, sholat, tilawah maupun dzikir. Hal ini tentu akan berbeda jika kita berada di tempat lain selain masjid, seperti di pasar, di rumah dll.
  • Tidak terlalu berat bekerja disiang hari sehingga dapat menimbulkan kelelahan yang berlebih. Ini untuk menjaga agar kita dapat beribadah pada malam harinya.
  • Berusaha untuk qaelulah atau tidur sejenak pada siang hari agar badan tetap segar untuk berjaga dimalam hari.
  • Hindari semua hal yang dapat membawa pada kesia-siaan, seperti menonton acara tv yang tidak bermanfaat.
  • Meminta pertolongan Allah SWT untuk dikuatkan bangun di tengah malam demi dapat beribadah dengan cara berdoa dan berdzikir sebelum tidur.
  • Berusaha tidur lebih cepat dan tidak tidur ditempat yang begitu nyaman agar Anda dapat mudah terjaga di malam hari.
  • Jangan tidur dalam keadaan junub. Sangat dianjurkan tidur dalam keadaan berwudhu.


Demikian semoga bermanfaat dan kita bersama dapat meraih Laylatul Qadr pada bulan Ramadhan ini, amiin ya Rabbal alamin.

0 Komentar Untuk "Berburu Malam Kemuliaan (Laylatul Qadr)"

Posting Komentar