IBX5980432E7F390 Menu Terbaik untuk Berbuka Puasa - sampein aja

Menu Terbaik untuk Berbuka Puasa

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Sampein - Di kala kita menjalankan ibadah puasa Ramadhan, seringkali kita menyiapkan hidangan untuk berbuka dengan menu yang terkadang terlalu berlebih. Padahal makanan dan minuman yang kita siapkan tersebut belum tentu baik menurut kesehatan. Lalu makanan dan minuman apa yang baik dikonsumsi sebagai menu berbuka puasa?

sampein Menu Terbaik untuk Berbuka Puasa
Menu Terbaik untuk Berbuka Puasa

Makanan dan minuman yang baik untuk berbuka puasa adalah yang tidak terlalu mengenyangkan atau makanan yang ringan saja, karena dikhawatirkan jika menu berbuka puasa dengan makanan dan minuman yang sangat mengenyangkan akan membuat kita terasa "berat" ketika melaksanakan Sholat Maghrib.


Berikut ini daftar makanan dan minuman terbaik untuk berbuka puasa.

1. Air Putih dan Kurma
Berbuka puasa yang baik adalah diawali dengan meneguk segelas air putih yang kemudian dilanjutkna dengan memakan buah kurma secukupnya.

2. Teh Manis Hangat
Jika tidak ada air putih, atau kondisi Anda sedang kurang fit, teh manis hangat juga baik untuk berbuka puasa. Usahakan jangan terlalu manis.

3. Kolang-kaling
Tidak jarang ketika kita berpuasa perut kita terasa panas, nah Kolang-kaling atau buah atep ini sangat baik untuk mengobati panas dalam jadi cocok dijadikan sebagai menu buka puasa.

4. Pepaya
Buah pepaya yang sudah matang sangat baik dikonsumsi sebagai makanan berbuka puasa, karena buah pepaya selain mengandung vitamin A juga baik untuk pencernaan.

5. Telur Rebus
Selain mudah dalam penyajian, telur juga mengandung banyak protein. Makan satu butir telur rebus cukup mengenyangkan dikala berbuka puasa, namun bagi Anda yang mempunyai kolesterol tinggi jangan memakan kuning telurnya, cukup putih telurnya saja.

Menu makanan dan minuman yang tidak dianjurkan sebagai menu untuk berbuka puasa :

1. Minuman bersoda
Dari sisi kesehatan, perut yang masih dalam keadaan kosong sangat tidak baik meneguk minuman yang mengandung soda tinggi karena akan mengakibatkan perut langsung terasa kembung akibat efek gas yang terkandung dalam minuman bersoda.

2. Es dan Minuman Dingin
Walaupun kelihatannya begitu menggiurkan, es dan minuman dingin tidak baik dikonsumsi ketika berbuka puasa. Ini dikarenakan perut kita dalam keadaan kosong dan panas, kemudian tiba-tiba disiram dengan air dingin tentu perut kita akan "kaget".

3. Kopi
Baik kopi panas maupun kopi dingin sangat tidak dianjurkan dikonsumsi sebagai minuman pembuka puasa. Minum kopi dalam perut keadaan kosong akan merangsang dan menyebabkan mules pada perut.

4. Makanan fermentasi
Tape ketan atau tape singkong, beurem dan sejenisnya adalah contoh makanan hasil fermentasi. Mengkonsumsi tape dan sejenisnya sebagai menu buka puasa malah akan membuat isi perut semakin "panas".

5. Buah-buahan yang masam
Makan buah-buahan yang masam untuk berbuka puasa sangat tidak dianjurkan, karena sifat masam pada buah-buahan akan membuat perut akan perih dan pada akhirnya menyebabkan sakit perut.


0 Komentar Untuk "Menu Terbaik untuk Berbuka Puasa "

Posting Komentar