IBX5980432E7F390 Kecerdasan Buatan - sampein aja

Kecerdasan Buatan

Sampein.net - Ada beberapa kecerdasan yang sudah kita kenal selama ini yaitu Intelleigence Quotient (IQ) atau kecerdasan otak manusia dan Emotional Quotient (EQ) atau dikenal dengan Kecerdasan Emosional. Selain dua jenis kecerdasan tersebut, terdapat satu jenis kecerdasan yang disebut Artificial Intelligence.
Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan
Ilustrasi Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan

Apa itu Artificial Intelligence?
Artificial Intelligence yang dikenal sebagai AI merupakan kecerdasan buatan atau yang menurut wikipedia didefinisikan sebagai "kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang diatur dalam konteks ilmiah atau sebagai kecerdasan entitas ilmiah". Sistem yang dimaksud umumnya dianggap sebagai komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu sistem atau mesin agar dapat melakukan pekerjaan seperti manusia. Di dunia ini sudah banyak yang menerapkan atau menggunakan kecerdasan buatan di berbagai bidang seperti games dalam permainan di komputer maupun perangkat smartphone hingga robotika. Namun, robot-robot tersebut belum dianggap sebagai AI yang humanoid dan dapat berinteraksi dengan manusia.

Kapan istilah AI mulai dikenal?

  • Pernah mendengar atau pernah menonton film A.I. Artificial Intelligence? Film garapan sutradara terkenal Steven Spielberg ini merupakan film drama fiksi ilmiah Amerika yang tayang pada tahun 2001. Film ini diangkat dari sebuah cerpen tahun 1969 berjudul "Super-Toys, Last All Summer Long" karya Brian Aldiss.
  • ASIMO, robot yang dibuat oleh pabrikan HONDA dan diperkenalkan pada tahun 2000 ini merupakan robot humanoid walaupun penampilan robot ini menyerupai seorang astronot dengan baju astronot lengkap membawa ransel. Dikatakan "Humanoid" pada robot ini karena robot ini dapat berjalan dengan dua kali seperti layaknya manusia. Kecepatan berjalan ASIMO mampu berjalan dengan kecepatan 6 km per jam. 
Robot ASIMO
Robot ASIMO
  • Atau pernah mendengar nama "Sophia"? Bukan Sophia Latjuba ya. Sophia yang dimaksud disini adalah nama sebuah robot yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan Hanson Robotics yang berbasis di Hong Kong. Robot ini diperkenalkan pada 19 April 2015. Sebuah robot yang sangat populer dan dianggap representasi dari A.I. yang humanoid karena dapat berinteraksi dengan manusia. Robot sophia juga merupakan robot pertama di dunia yang mendapatkan hak kewarganegaraan dari sebuah negara. Adalah negara Arab Saudi yang memberikan kewarganegaraan Arab Saudi kepada robot Sophia pada oktober tahun 2017 yang lalu. Bila dibandingkan dengan Asimo, penampilan Sophia tidak seperti robot, fisiknya dibuat menyerupai wanita.
Sophia - Robot humanoid, warga negara Arab Saudi
Sophia - Robot humanoid, warga negara Arab Saudi
Selain Asimo dan Sophia, masih terdapat beberapa robot lain, seperti QRIO, Aibo (robot berbentuk hewan anjing), Actroid (yang tampilannya juga menyerupai wanita) dll. 

Di masa-masa yang akan datang, robot berbasis AI diyakini akan lebih banyak bermunculan karena A.I. tidak terlepas dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.


0 Komentar Untuk "Kecerdasan Buatan"

Posting Komentar