IBX5980432E7F390 Beberapa Fakta Tentang Profesor Stephen Hawking - sampein aja

Beberapa Fakta Tentang Profesor Stephen Hawking

Sampein.net - Ilmuwan fisika terkemuka dunia bernama lengkap Stepen William Hawking ini meninggal pada hari Rabu, 14 Maret 2018. Ia meninggal dalam usia 76 tahun (lahir di Oxford, Inggris pada tanggal 8 Januari 1942). Sang Profesor pencetus teori "Lubang Hitam" atau "Black Hole" ini meninggal di tempat kediamannya di Cambridge, Inggris.
Prof. Stephen Hawking

Ada beberapa fakta tentang sang profesor, antara lain yaitu :


  1. Stephen Hawking kerap dianggap sebagai reinkarnasi dari ilmuwan terkemuka dunia asal Italia yang terkenal dengan teori "Heliosentris", Galileo Galilei. Hal itu disebabkan karena Stephen Hawking lahir pada 8 Januari 1942, tepat 300 tahun kematian Galileo yang meninggal pada 8 Januari 1642.
  2. Ia adalah orang pertama di dunia yang memaparkan sebuah teori kosmologi yang penjelasannya dengan menggabungkan teori relativitas umum dengan teori mekanika kuantum.
  3. Diketahui mengidap penyakit langka ALS pada usia 19 tahun dan Ia pernah divonis karena penyakit ALS yang dideritanya tersebut bahwa usianya hanya sampai umur 21 tahun, tetapi ia tidak menyerah dan terbukti usianya mencapai 76 tahun walau dengan kondisi tidak sempurna secara fisik.
  4. Ada beberapa teori yang ia temukan, baik yang dilakukannya sendiri maupun bersama ilmuwan lain. Teori-teori tersebut antara lain : Teori Singularitas (bersama Roger Penrose), Empat hukum mekanika "black hole" (bersama tim ilmuwan), Teori Black Hole yang meng-emisi Radiasi Hawking, Teori Inflasi Kosmik, Teori Titik Muasal Alam Semesta (bersama James Hartle), dan Teori "Top-down Cosmology" (bersama Thomas Hertog)
  5. Semasa hidup ia dianggap sebagai manusia jenius di dunia, namun semasa sekolah ia hanyalah anak yang nilai akademisnya standar saja.
  6. Selain sebagai ilmuwan, ternyata sang profesor ini mahir dalam menulis. Terbukti buku karyanya yang berjudul "A Brief History of Time" yang diterbitkan pada tahun 1988 tersebut laris terjual. Buku yang isinya antara lain membahas teori "big bang", "black holes" dan "light cones" dikemas dalam bahasa non-teknis sehingga pembaca awam pun dapat membacanya.
  7. Tidak hanya ilmuwan dan penulis, Stephen Hawking pernah tampil dalam film serial TV pada tahun 1993 yang berjudul "The Big Bang Theory". Ia juga tampil dalam film fiksi Star Trek: The Next Generation berperan sebagai Cameo.
  8. Penerima setidaknya 12 gelar kehormatan dari beberapa negara dan banyak penghargaan dunia. Gelar-gelar kehormatan yang diterimanya antara lain Fellow The Royal Society (gelar sebagai Ilmuwan Paling Terkemuka) dari Kerajaan Inggris, Commander of The Order of the British Empire, Presidential Medal of Freedom (gelar kehormatan sipil tertinggi di Amerika Serikat). Penghargaan internasional yang pernah diterimanya antara lain : Heineman Prize, Eddington Medal, Maxwell Medal, Albert Einstein Award, Hughes Medal, Fundamental Physics Prize, Honorary Freedom of The City, Prince of Asturias Award, dan masih banyak lagi.
  9. Stephen Hawking juga pernah mengeluarkan pernyataan yang sensasional yaitu bahwa "Bumi tidak akan dapat bertahan 100 tahun lagi"
  10. Ia adalah seorang atheis, fakta ini diperkuat dengan pernyataannya "sains menawarkan penjelasan yang lebih masuk akal tentang asal usul alam semesta dari pada agama". Hawkins semakin tidak percaya dengan adanya Tuhan ketika ia semakin menyelami dunia sains terutama kosmologi.

Fakta terakhir memperkuat ucapan terkenal ilmuwan Albert Einstein bahwa "Ilmu tanpa agama itu buta, dan Agama tanpa ilmu maka lumpuh". Semoga kita selalu diberi nikmat iman, amiin.


0 Komentar Untuk "Beberapa Fakta Tentang Profesor Stephen Hawking"

Posting Komentar