IBX5980432E7F390 Memakmurkan Masjid - sampein aja

Memakmurkan Masjid

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Hal pertama yang dilakukan Rasulullah SAW ketika sampai di Madinah dalam rangkaian hijrahnya adalah masjid. Dari sini, kita dapat mengambil pelajaran betapa pentingnya posisi masjid dalam perjuangan kaum Muslim. Masjid itulah yang mengawali perjuangan Rasulullah SAW, dan para sahabat dalam menyebarkan risalah Islam.
Membaca Al Quran di Masjid, salah satu cara memakmurkan masjid
Membaca Al Quran di Masjid, salah satu cara memakmurkan masjid

Kita patut bersyukur, di negeri ini masjid termasuk bangunan yang mudah ditemukan, dari pelosok kampung hingga kota-kota besar dengan beragam model dan ukuran. Tetap, sudahkah masjid itu memenuhi fungsi yang semestinya ? Setidaknya, masjid memiliki fungsi sebagai sarana menegakkan ukhuwah, persamaan dan keadilan.

Semangat persamaan dan keadilan tidak mungkin dapat terwujud selama kaum Muslim tidak bertemu setiap hari dalam satu shaf (barisan) di hadapan Allah SWT bersamasama berdiri dengan satu tujuan, yakni untuk menghambakan diri kepada-Nya. Jika itu bisa dilakukan setiap hari, niscaya persatuan akan terjalin. Sifat egoisme dan keangkuhan setiap individu bisa diredam dan ditaklukkan.

Namun, sungguh ironis ketika itu menemukan banyak masjid yang berdiri megah dengan gaya arsitektur yang mengagumkan, hanya berisi kesunyian. Setiap hari, masjid-masjid itu sunyi dari aktivitas ibadah, juga sunyi dari semangat kebangkitan umat. Seperti apapun bentuknya masjid harus dirawat dan dihidupkan aktivitas dan kegiatannya.

Masjid ada untuk dimakmurkan. Masjid ada untuk menampung aktivitas umat dan menyatukannya. Itulah sebabnya, Islam sangat menganjurkan para pemuda menambatkan hatinya di masjid. Pemuda adalah generasi penerus umat yang akan menentukan masa depan sebuah bangsa dan negara.

Cara memakmurkan masjid dengan menggiatkan berbagai aktivitas keagamaan. yang didasari semangat penghambaan kepada Allah SWT dan kegiatan sosial lainnya harus pula menjadi agenda utama kaum Muslimin. Karena dengan seringnya kaum Muslimin ruku' dan sujud bersama-sama akan menambahkan kekuatan kaum Muslimin (QS.48 Al-Fath : 29).

Masjid juga harus menjadi sentral pembudayaan / pembinaan umat, hanya dengan dimakmurkan masjid akan memberikan fungsi strategisnya sebagai, salah satu pilar kebangkitan umat.

Allah SWT berfirman :
“Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah,...”.(QS.9 At Taubah: 18).

Wallahu a'lam bishshawab.

0 Komentar Untuk "Memakmurkan Masjid"

Posting Komentar