IBX5980432E7F390 15 Sifat Wanita Muslimah Terbaik Menurut Ajaran Islam, Apakah Kamu Memiliki Salah Satunya? - sampein aja

15 Sifat Wanita Muslimah Terbaik Menurut Ajaran Islam, Apakah Kamu Memiliki Salah Satunya?

via : kabarmekkah
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Sampein.net - selamat siang ukhti idaman para lelaki, dihari yang alhamdulillah cerah ini saya akan menyampaikan beberapa sifat muslimah terbaik menurut pandangan islam dan mudah-mudahan bisa menjadi renungan untuk kita semua.

Muslimah merupakan salah satu wanita shalihah yang benar-benar beriman kepada sang pencipta kita Allah SWT. tentu dia beragama islam bukan hanya di ktp saja. salah satu wanita teladan, berakhlak baik, selalu menjaga kehormatannya dan memperlihatkan dirinya atau mempercantik dirinya hanya untuk suami tercinta.

Wanita muslimah akan senantiasa taat kepada amar ma'ruf nahi munkar atau segala perintah Allah SWT. Dia wamita yang selalu takut mengerjakan dosa karena ia tahu betapa pedihnya siksa api neraka jika dia melakukannya.

Wanita shalihah merupakan permata dan dambaan untuk seorang lelaki muslim. seorang wanita merupakan makhluk yang sangat mulia dimata Allah SWT karena dari seorang wanita akan terlahir manusia para penerus ajaran agama islam.

Untum sekarang, banyak sekali yang mengaku bahwa dirinya wanita muslimah sejati. Akan tetapi kenyataannya hanya sebagian yang mampu mempertahankan dirinya sebagai wanita shalihah muslimah terbaik.

Lalu apa saja sifat wanita muslimah terbaik itu? berikut kami rangkum beberapa yang insyallah bisa menjadi renungan bagi kita semua.

15 Sifat Muslimah Terbaik Yang Menjadi Idaman


1. Beriman Kepada Allah (Taat)

via : Muslimah indonesia
Wanita terbaik adalah wanita yang selalu beriman (taat) kepada Allah SWT. artinya dia akan selalu menjalankan apa yang diperintahkan oleh Allah SWT dan menjauhi segala larangan-larangnnya karena ia tahu akan adzab dan pedihnya siksa api neraka di akhirat nanti.

Dalam Al Qur'an Allah SWT berfirman :

ءَامَنَ الرّسُولُ بِمَاأنْزِلَ إلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالمُؤمِنُونَ كُلٌّ ءَامَنَ بِاللهِ وَمَلاَئِكَتِهِوَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لاَ نُفَرِّقُ بَيْنَ أحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ

( Al-Baqarah: 285)

Artinya : Rasulullah SAW beriman kepada Al-Qur’an yang telah diturunkan kepadanya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, Malaikat-Malaikat-Nya,Kitab-kitab-Nya dan para Rasul-Nya, (mereka mengatakan), kami tidakmembeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari Rasul-rasul-Nya”.

(Qur'an Al-Baqarah: 285)

2. Mengerjakan solat 5 waktu dan tepat waktu

via : webmuslimah
Muslimah yang baik akan senantiasa menjaga ibadahnya, melaksanakan yang lima waktu secara tepat waktu saat mengerjakannya. Sehingga ia lebih mendahulukan shalatnya dari pada pekerjaan duniawi yang sedang dilakukannya tanpa ada hambatan sedikitpun.

Karena sesungguhnya beribadah itu mecegah dari perbuatan keji dan munkar serta dapat menbentengi dirinya dari perbuatan yang akan menjerumuskan kepada hal keburukan.

3. Senantiasa menutupi aurat

via : infois
Muslimah Terbaik adalah seorang wanita yang selalu menjaga kehormatan dirinya yaitu dengan cara menutupi auratnya. Dalam berpakaian juga harus sebagaimana mestinya yang telah dianjurkan oleh hukum Islam, tak mengumbar bentuk-bentuk tubuhnya atau tidak memakai pakaian yang seksi sehingga dapat menimbulkan fikiran negatif kaum lelaki.

Wanita muslimah baik adalah sosok wanita yang senantiasa dengan ikhlas memakai dan mempertahankan jilbabnya tanpa adanya keterpaksaan.

Allah SWT berfirman, “Ya Nabi , katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal. Karena itu mereka tidak diganggu dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang,” (QS. Al Ahzab: 59).

4. Memiliki sikap sabar

via : Google
Sikap sabar terhadap ujian-ujian yang diberikan oleh Allah SWT merupakan ciri dari seorang wanita muslimah sejati. Karena dengan rasa sabar dapat meneguhkan hati seorang muslimah dalam menghadapi segala cobaan berat yang Allah berikan.

Ia meyakini bahwa Allah sang maha raja tak akan meberi sebuah ujian kepada hambanya doluar batas kemampuan hambanya itu, pada setiap cobaan pasti akan selalu ada hikmahnya.

5. Berpakaian menurut ajaran islam ( Syar'i)

via : Google
Muslimah yang menjadi idaman para lelaki itu harusnya sudah memenuhi beberapa kriteria busana  yang diambil dari beberapa dalil Al Qur'an dan As sunnah.
  • Menutup seluruh bagian tubuh termasuk kaki kecuali wajah dan telapak tangan.
  • Bukan mengenakan pakaian untuk berhias diri
  • Tidak ketat sehingga tidak memperlihatkan bentuk lekukan tubuh
  • Tidak diberi heharuman atau parfum
  • Tidak menyerupai pakaian lelaki

6. Mempunyai sifat malu

via : dunia jilbab
Kriteria wanita seperti ini juga seharusnya ada pada setiap wanita beriman. Contohnya; ketika ia bergaul dengan para lelaki. Wanita yang baik seharusnya mempunyai sifat yang sangat pemalu. Cobalah contoh wanita di zaman Nabi Musa ‘alaihis salam.

7. Taat pada suami

via : Google
Istri yang senantiasa taat kepada suaminya dan tidak membangkang segala yang diperintahkannya, itulah sebaik-baiknya wanita.

8. Menjaga kehormatan dan harta suaminya

via : Google
Allah SWT berfirman;

فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللَّهُ

“Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada” (QS. An Nisa’: 34).

Dari ath Thobari mengatakan dalam kitab tafsirnya (6: 692), “Wanita tersebut menjaga dirinya ketika tidak ada suaminya dirumah, juga ia menjaga kemaluan dan harta suaminya. Di samping itu, ia wajib menjaga hak Allah dan hak selain itu.”

9. Selalu bersyukur atas pemberian suami

via : chilinaris
Seorang istri harus selalu berterima kasih atas segala pemberian dari suami kepadanya. Jika tidak, siap-siap saja ukhti berhadapan langsung dengan neraka Allah SWT.

10. Berhias hanya untuk suami tercinta

via : Google+
Beberapa istri sekarang di hadapan suaminya bergaya asal-asalan, berbau arang alias dapur dan jarang mau berhias dan mempercantik diri untuk suaminya. Tetapi jika mereka akan keluar rumah, ia berdandan bagai bidadari. Ini sungguh tidak benar, terbalik. Seharusnya di dalam rumah, ia berusaha menyenangkan hati suaminya. Itulah yang dinamakan sebaik-baik wanita.

11. Taat kepada orang tua

via : bersama dakwah
Wanita muslimah harus selalu taat dan berbakti kepada kedua orang tuanya,terutama kepada ibunya yang telah melahirkan dirinya. Karena surga ada dibawah telapak kaki ibu, ia harus selalu bisa menjaga perasan kedua orang tuanya dan jangan samapai menyakiti perasaan mereka.

12. Senang menuntut ilmu untuk meperdalam wawasan

via : bersama dakwah
Meperdalam wawasan
Seorang wanita muslimah harus selalu semangat dalam menuntut ilmu. Meskipun ia sudah menikah atau berkeluarga, tetapi dia harus mampu meraih gelar tinggi di bidang yang ingin dia raih, karena memuntut ilmu itu merupakan ibadah apalagi sampai mengamalkannya kembali.

13. Menjaga kesucian diri

via : bambangbns
Kesucian diri merupakan satu-satunya mahkota yang paling berharga dalam diri wanita. Muslimah sejati adalah wanita yang pandai dalm menjaga kesucian dirinya. Menjaga kesucian diri tidak hanya menjauhkan diri dari perbuatan zina, tapi menjauhkan diri dari pacaran,  berbicara  dengan lawan jenis yang tidak bermanfaat juga termasuk dari bagian menjaga kesucian diri seorang wanita. Seorang muslimah sejati tahu dimana dia berada dan tahu  bagaimana dai beradab di tempat umum.

14. Menjaga lisannya

via : blog wordpress
Wanita shalihah adalah wanita yang senantiasa menjauhkan dirinya dari sifat ghibah (menggunjing), namimah (mengadu domba), mencaci dan hal lain yang tidak berguna.Muslimah sejati lebih sering menghabiskan waktunya untuk membaca ayat-ayat suci al-qur'an dari pada membicarakan orang lain yang tidak ada manfaatnya dsama sekali bagi dirinya atau pun bagi orang lain.
Maka seharusnya muslimah sejati harus memperhatikan apapun yang di ucapkannya.Apabila seorang muslimah dapat menjaga lisannya dari mnyakiti orang lain, maka mereka akan menjadi seorang muslimah sejati.

15. Menjadi ibu yang baik untuk anak-anaknya

via : ummi online
Wanita muslimah adalah seorang ibu yang mampu mendidik dan membimbing anak-anaknya untuk taat kepada Allah Subhaanahu wata’ala,  mengajarkan kepada mereka aqidah yang benar, menanamkan ke dalam hati mereka perasaan cinta kepada Allah dan Rasul-Nya menjauhkan mereka dari segala jenis kemaksiatan dan perilaku tercela. sehingga  mereka tumbuh menjadi anak-anak yang selalu berbakti kepada kedua orang tuanya.
Nah itu dia ulasan kali ini, semoga senantiasa bermanfaat bagi setiap wanita muslimah dan semoga Allah SWT selalu memberi taufik dan hidayah untuk mengamalkannya pada kehidupan sehari-hari. (BD/Sn)

Sumber : Google

0 Komentar Untuk "15 Sifat Wanita Muslimah Terbaik Menurut Ajaran Islam, Apakah Kamu Memiliki Salah Satunya?"

Posting Komentar