IBX5980432E7F390 Doa-doa Dalam Puasa Ramadhan - sampein aja

Doa-doa Dalam Puasa Ramadhan



Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
 
Sampaikan Doa - Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah yang kehadirannya selalu dinantikan kaum muslimin di seluruh dunia. Puasa Ramadhan adalah wajib hukumnya bagi umat islam yang telah memenuhi syarat yang sudah ditetapkan.

Sampein Doa-doa Dalam Puasa Ramadhan
Doa-doa Dalam Puasa Ramadhan

Nah, sekedar mengingatkan kembali mengenai doa-doa utama yang terkait dengan pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan, yaitu doa niat berpuasa ramadhan, makan sahur dan doa berbuka puasa.

Doa Niat Berpuasa
Jika kita melihat acara di televisi saat sahur, maka kita akan menyaksikan ketika menjelang imsyak akan tampil tayangan doa niat berpuasa ramadhan. Sebenarnya hal itu kurang tepat karena arti dari doa tersebut menyebutkan "Sengaja aku berpuasa esok hari...." yang doa lengkapnya sebagai berikut :

"Nawaitu shauma ghadin an'adai fardi syahri ramadhana hadzihisanati lillahita'ala"
Artinya : "Sengaja aku berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu puasa pada bulan Ramadhan untuk tahun ini karena Allah Ta'ala"
Doa niat puasa lebih pas diucapkan sebelum waktu berganti hari. Lebih tepatnya lagi diniatkan atau diucapkan setelah shalat taraweh.

Makan Sahur
Makan sahur merupakan salah satu ibadah sunnah yang dilakukan pada waktu antara pukul 1 hingga menjelang waktu sholat subuh yang disebut dengan waktu imsyak.
Nabi Muhammad SAW bersabda "Makan sahur lah kalian karena didalam sahur itu terdapat barokah" (HR Bukhari dan Muslim).
Menurut Mazhab Syafi'i, makan sahur tidak dianggap niat puasa kecuali jika makan sahurnya disertai niat puasa.

Pendapat lain mengatakan, doa dan bacaan yang paling utama pada saat sahur adalah memohon ampunan kepada Allah SWT, hal ini didasarkan pada Firman Allah SWT :
"(yaitu) orang-orang yang sabar, yang benar, yang tetap taat, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah) dan yang memohon ampun diwaktu sahur" (QS. Ali Imran: 17).

Doa Berbuka Puasa
Berbuka puasa adalah hal yang paling ditunggu ketika kita menjalankan ibadah puasa yang waktunya ditandai dengan berkumandangnya adzan Maghrib. Kata yang diucapkan ketika mendengar adzan Maghrib sebagai pertanda waktu berbuka puasa yaitu "Alhamdulillahi robiil alamamiin".

Doa sebelum menyantap hidangan berbuka puasa
"Bismillahi awwalahu wa aakhirohu"
Artinya : "dengan nama Allah pada awal dan akhirnya"
Ketika selesai menyantap hidangan berbuka, kalimat doa yang diucapkan yaitu : "Dzahaba-dz Dzoma’u, Wabtalati-l ‘Uruuqu wa Tsabata-l Ajru, Insyaa Allah"
Artinya : "Telah hilang dahaga, urat-urat telah basah, dan telah diraih pahala, insya Allah"

Semoga amal ibadah kita diterima Allah SWT. Amiin.


0 Komentar Untuk "Doa-doa Dalam Puasa Ramadhan"

Posting Komentar