IBX5980432E7F390 Mengapa Harga Mawar Merah Lebih Mahal Dari Mawar Warna Lain - sampein aja

Mengapa Harga Mawar Merah Lebih Mahal Dari Mawar Warna Lain

sampein.net - Siapa yang tidak kenal dengan bunga mawar? Hampir semua orang tahu dengan jenis bunga yang satu ini yang mendapat julukan sebagai Queen of Flower atau Ratunya Bunga. Bila menyebut bunga mawar, maka warna yang terlintas pada pikiran banyak orang adalah warna merah. Selain warna merah, maka warna selanjutnya orang akan menyebut mawar putih.

Mawar Merah
Mawar berwarna Merah adalah mawar favorit
Untuk bunga mawar potong dengan jenis semi-Holland, ada berbagai jenis warna seperti merah, putih, pink, orange, kuning. putih kehijauan dan lain-lain. Namun, mawar berwarna merah adalah yang paling banyak dicari atau diminati serta menjadi warna favorit bagi konsumen. Inilah salah satu sebab mengapa mawar berwarna merah ini harganya relative lebih mahal dari pada mawar dengan warna lainnya.

Mawar Merah
Mawar Pink


Lho, jikalau permintaan mawar lebih banyak yang berminat pada mawar warna merah, mengapa tidak memperbanyak menanam mawar yang berwarna merah?
Permasalahannya bukan itu. Permasalahan utama mawar merah semi-Holland adalah karakter dari bunga mawar merah itu sendiri yang menyebabkan produksinya lebih lambat dari warna lain. Bila tanaman mawar warna lain mampu menghasilkan bunga sekali dalam satu minggu, maka tanaman mawar warna merah membutuhkan waktu 2 minggu untuk menghasilkan bunga.

Kalau demikian, diberikan pupuk lebih banyak saja untuk tanaman mawar warna merah agar dapat berbunga dengan cepat seperti mawar warna lainnya.
Cara ini sudah dilakukan, tapi tidak berhasil.

duri mawar merah
Setelah melakukan beberapa pengamatan dan penelitian kecil, ternyata duri pada tanaman mawar yang berwarna merah jauh lebih besar, lebih keras dan lebih banyak dibandingkan tanaman mawar dengan warna lain. Pertumbuhan duri pada mawar merah inilah yang kami duga merupakan salah satu penghambat pertumbuhan bunga mawar merah. Nutrisi makanan tanaman sebagian terserap kepada duri-duri tersebut.

Bukankah ada jenis tanaman mawar yang kini tidak ada duri? Betul ada jenis tanaman mawar tanpa duri yang kini banyak dijual. Tapi perlu diketahui, bahwa jenis tanaman mawar ini adalah bukan jenis mawar semi-Holland yang banyak dijual sebagai bunga mawar potong, melainkan jenis mawar rose-pagar atau disebut juga mawar bunga tabur.

Perbedaan utama antara mawar jenis semi-Holland dengan mawar rose-pagar adalah bunga mawar semi-Holland tidak berbau harum, sementara mawar jenis rose-pagar cenderung berbau harum.

Itulah beberapa penyebab mengapa harga bunga mawar berwarna merah relative lebih mahal dibandingkan dengan bunga mawar warna lainnya.


0 Komentar Untuk "Mengapa Harga Mawar Merah Lebih Mahal Dari Mawar Warna Lain"

Posting Komentar