IBX5980432E7F390 Bahaya Valentine Day Bagi Umat Islam - sampein aja

Bahaya Valentine Day Bagi Umat Islam

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Sampein.net - Dalam suasana hidup yang serba modern dan berkembang dengan teknologi canggih, cukup memberikan pengaruh kepada kehidupan umat manusia. Ada manusia yang kuat pendiriannya. tidak mudah dipengaruhi dengan berbagai godaan duniawi. dan ada yang mudah tergoda karena dorongan hawa nafsu duniawi.
Bahaya Valentine Day


Untuk menghilangkan kebimbangan umat Islam,maka Allah SWT berfirman:
Dan jika kamu menuruti kebanyakan pandangan dan pendapat orang-orang yang dl muka bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari Jalan Allah. Karena tidak ada yang mereka ikuti, kecuali sangkaan belaka dan mereka tiada lain hanyalah berdusta terhadap Allah. (QS 6 Al-An'am 116).

Dalam sikap hidup dan perbuatan sehari-hari. hendaklah setiap umat Islam mengetahui apa saja yang dilakukana atau dengan istilah populer ”introspeksi diri sendiri”, apa kelebihan dan apa kekurangan.

Perhatikanlah peredaran zaman dan perputaran situasi. Sebagai contoh, setiap tanggal 14 Feruari di Eropa dan Amerika. kemudian tumbuh dan berkembang ke berbagai negara dan bangsa-bangsa di dunia termasuk di Indonesia telah diadakan acara yang dinamakan Valentine's Day  artinya "hari kasih sayang” yang sudah menyerbu ke Indonesia sejak tahun I980 an, terutama menyerang anak-anak muda dan om-om yang merasa muda.

Menurut World Book, Valentine's Day adalah :“Hari Khusus yang jatuh pada tanggal 14 Februari. Pada hari itu mereka saling mengirimkan kartu yang mengucapkan Valentine's kepada kekasih atau teman akrabnya. Kata-katanya romantis dan dihiasi dengan lukisan indah, kadang-kadang berlambangkan hati, berwarna merah jambu atau pink, ditancapkan panah menembus jantung hati. yang disebut kawula muda “panah amor".

Sejarah Valentine Day
Peristiwa yang melatarbelakangi lahirnya Valentine's Day (Hari Kasih Sayang), yaitu ada pendeta muda yang bernama Valentine yang baik dan taat beragama Kristen di Romawi. Kaisar Romawi Claudius ll melarang anak-anak muda kawin muda karena anak muda sangat baik dijadikan tentara tetapi pemuda yang bernama Valentine menolak perintah Kaisar agar tidak kawin muda.

Valentine yang menolak perintah Kaisar Romawi di Zaman Kaisar Claudius maka Valentine ditangkap dan dipenjara. Di dalam penjara Valentine yang akrab dengan anak muda tetap berkomunikasi dengan jalinan kasih dan mendapat ucapan kasih sayang melalui pintu jeruji besi dan tembok berbatu. Valentine itu dihukum mati tanpa proses hukum oleh Kaisar Claudius ll Tahun 269 Masehi.

Dari peristiwa mengenang seorang pendeta yang baik makna semula bergeser menjadi pesta ria hura-hura. Mereka (yang merayakan hari Valentine) melepaskan rindu kepada kekasihnya memberikan ciuman dan kasih kado, maka bergeserlah makna dari kasih sayang sejati menjadi kasih kado dalam pesta pora hura-hura.

Hari Valentine itu tidak hanya diadakan dilingkungan sekolah atau komplek perumahan. tetapi di hotel berbintang di Jakarta mengadakan hari kasih sayang itu, yang dipadati oleh anak-anak muda mereka berbagi kasih sayang. bahkan mereka mempraktekkan kasih sayang dalam apa yang mereka katakan “makan bersama dan tidur bersama" untuk berbagi kasih sayang istilah populer kumpul kebo.

Valentine's Day itu tidak sesuai dengan ajaran agama lslam. Agama Islam mengajarkan kasih sayang itu dilaksanakan sepanjang masa di antara sesama umat manusia bukan diselenggarakan sehari semalam. Dampak negatif dari Hari Kasih sayang itu merusak perkembangan akhlak bangsa karena Valentine Day's itu diselengarakan anak-anak muda dan pihak-pihak tertentu menggunakan kesempatan mencari keuntungan dengan berpesta hura-hura.

Baca juga : Valentine Day itu haram bagi umat Islam

Perayaan Valentine's Day itu “Mubadzir dan mubadzir itu teman setan"

Allah SWT berfirman :
Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudarasaudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya. (QS. 17 Al Israa : 27).

0 Komentar Untuk "Bahaya Valentine Day Bagi Umat Islam"

Posting Komentar