IBX5980432E7F390 8 Sifat Wanita Terbaik - sampein aja

8 Sifat Wanita Terbaik

Sifat Terbaik Wanita Muslimah
Sifat Terbaik Wanita Muslimah

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh  السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Wanita dan Islam - Apa saja sih 8 Sifat Wanita terbaik untuk wanita muslimah, yuk kita baca dan pahami :

1. Bersyukur dengan pemberian suami
Selalu mengucapkan syukur atas apa yang telah diberikan suami. Jangan mencari-cari kekurangan yang ada pada suami, tapi banyaklah mencari kelebihan yang ada pada suami.

2. Menutupi Aurat
Wanita terbaik adalah wanita yang selalu menjaga dan menutup auratnya. Menurut pendapat banyak ulama, aurag wanita adalah seluruh tubuhnya kecuali wajah dan telapak tangan. Firman Allah SWT

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

"Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu orang mu'min: Hendaklah mereka mendekatkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS Al Ahzab : 59)

3. Betah Tinggal di Rumah
Keluar rumah bila ada kebutuhan dan keperluan saja. Betah di rumah dengan maksud untuk sungguh-sungguh menghindari godaan laki-laki.
Firman Allah SWT, "Dan tinggalah kalian di dalam rumah-rumah kalian dan janganlah kalian berdandan sebagaimana dandan ala jahiliah terdahulu" (QS Al Ahzab : 33)

4. Memiliki Sifat Malu
Seharusnya sifat ini ada pada setiap wanita. Nabi Muhammad SAW bersabda "Rasa malu tidaklah mendatangkan kecuali kebaikan". (HR Bukhati Muslim)

5. Taat dan Menyenangkan Hati Suami
Dalam satu riwayat dari Abu Hurairah r.a., pernah ditanyakan kepada Nabi Muhammad SAW, "Siapakah wanita yang paling baik?, Rasul bersabda "yaitu yang paling menyenangkan bila dilihat suaminya, mentaati suami jika diperintah, dan  tidak menyelisihi suami pada diri dan hartanya sehingga membuag suami benci"

6. Menjaga Kehormatan, Anak dan Harta Suami
Firman Allah SWT, "Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri kita ketika suaminya tidak ada." (QS An Nisa : 34)

7. Berbusana dengan memenuhi syarat pakaian yang syar'i
    - Menutupi seluruh tubuh (termasuk kaki), kecuali wajah dan telapak tangan.
    - Memakai pakaian bukan untuk menghias diri
    - Tidak menyerupai pakaian pria atau pakaian non-muslim
    - pakaian tidak ketak dan tidak tipis sehingga tidak menggambarkan bentuk dan lekuk tubuh

Firman Allah SWT : "Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu ber-tabarujj *) seperti orang-orang jahiliyah pertama." (QS Al Ahzab : 33)

*) tabarujj : menampakkan perhiasan dan setiap hal yang dapat mendorong syahwat (godaan) bagi kaum laki-laki.

8. Berdandan dan Berhias diri hanya untuk suami

Demikian 8 sifat terbaik bagi wanita muslimah. Wassalam.

0 Komentar Untuk "8 Sifat Wanita Terbaik"

Posting Komentar