IBX5980432E7F390 Cara Memasang Tombol Share Media Sosial Melayang di Samping Postingan Blog - sampein aja

Cara Memasang Tombol Share Media Sosial Melayang di Samping Postingan Blog

Cara Memasang Tombol Share Media Sosial Melayang di Samping Postingan Blog - Media sosial memang menjadi berkumpulnya orang-orang di segala penjuru dunia, dengan social media kita dapat menemukan segalanya mulai dari berita, teman yang berbagi moment foto dan lain sebagainya.

Jika kamu seorang blogger, pasti blog kamu tak luput dari tombol share social media kan? mengapa? karena dengan memasang tombol share kita dapat mendapatkan banyak pengunjung yang mana mereka senantiasa berbagi kembali informasi bermanfaat yang kita berikan kepada teman-teman se-media socialnya.


Memasang tombol share media social juga memudahkan mereka untuk berbagi ke media yang sangat terkenal seperti facebook, twitter, google+, linkedn, dan banyak lagi lainnya.

Walaupun bisa dibilang jarang atau bahkan tidak ada sama sekali yang rela menekan tombolnya tapi apa salahnya untuk memasangnya, toh siapa tahu nanti dikemudian hari blog kita memang sudah benar-benar jadi alias memiki banyak pengunjung pasti salah satu dari sekian banyak pembaca tertarik untuk berbagi informasi kita ke teman media sosialnya.
Sumber : https://twinsmommy.com
Apalagi jika tombol share yang kita pasang menarik perhatian, tampilannya elegan dan tidak ngebosenin pasti banyak yang penasaran untuk menekan tombolnya hehe

Sebelum ke pembahasan, saya mendapatkan komentar di facebook yang bunyinya seperti ini,
Mas blognya keren, apalagi tombol share media sosialnya beuh keren melayang-layang, aku aja gabisa bikinnya mas. 
Padahal kamu salah besar, semua blogger pasti bisa membuatnya tapi perlu panduan dahulu agar tidak salah dalam penempatan kode.

Nah.. untuk itu artikel kali ini saya akan memberikan panduannya untuk kamu yang belum mengetahui Cara Memasang Tombol Share Media Sosial Melayang di Samping Postingan Blog dengan bantuan platform sumome.

Tombol Share Melayang

Tombol share dari sumome memang sangat lengkap, selain lengkap kita dapat mengatur posisinya sesuai keinginan, kita juga bisa melihat berapa banyak artikel kita yang mereka bagikan ke media sosialnya. bukan hanya itu, kita juga dapat melihat statistik /hari nya. super keren bukan?

Sumome meberikan beberapa pilihan, mulai dari yang gratis, menengah, hingga premium. tetapi untuk pemula seperti saya baiknya mencoba yang gratis dulu karena fitur gratisnya pun cukup lengkap.

Cara Memasang Tombol Share Media Sosial Melayang di Samping Postingan Blog dengan platform sumome

Oke udah cape ngejelasinnya langsung saja ikuti langkah ini,
  • pertama kamu pergi ke http://sumome.com lalu klik Signup untuk registrasi akun terlebih dahulu. Setelah itu masukan url/alamat blog kamu dan isikan form mulai dari nama, email dan blabla lainnya.
  • Selanjutnya kamu akan menemui kode javascript yang harus kalian salin (copy) seperti contoh gambar dibawah ini.

  • Salin dan sekarang pergi ke blogger.com lalu ke menu template dan edit html lalu cari kode </head>  dengan menekan tombol ctrl+f agar lebih cepat ditemukan.
  • Sisipkan kodenya tersebut sebelum kode </head> lalu jangan lupa klik simpan.
  • Jika sudah sekarang pergi ke sumome lagi dan tekan tombol Visite Site berwarna hijau seperti contoh gambar dibawah ini.

  • Kemudian kamu akan dialihkan secara otomatis ke laman blog kesayanganmu yang sudah berhasil terpasang plugin sumome, sekarang tinggal pasang tombol share media socialnya dengan klik tombol disamping kanan atas seperti contoh gambar berikut ini.

  • Selanjutnya pilih store lalu pilih lagi share dan klik yang menu Free dan continue maka otomatis social media share button muncul di samping blog kamu.


Dalam tahap membuatnya sih sudah selesai, namun ada sedikit masalah pada tombol tersebut, tombol itu pasti muncul di setiap halaman baik home, statis maupun dalam artikel.


Lalu bagaimana cara mengatasinya agar tombol share itu muncul pada laman artikel saja? maka kita akan memanfaatkam script tag berikut ini untuk memasang tombol share hanya pada laman artikel saja.

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
Sisipkan script sumome yang dibuat tadi di sini
</b:if>

Terus gimana masangnya lagi? ets tenang saja dalam pemasangan tidak ada yang berubah kok hanya menambahkan sedikit kode pemanis saja, tempat pemasangan masih sama seperti tadi yaitu sebelum kode </head>.

Baca juga:


Nah..itu dia ulasan mengenai Cara Memasang Tombol Share Media Sosial Melayang di Samping Postingan Blog dengan platform sumome. Jika ada yang masih kurang paham atau ada pertanyaan lainnya, jangan sungkan memberikan suara di kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung. (BD/Sn)

0 Komentar Untuk "Cara Memasang Tombol Share Media Sosial Melayang di Samping Postingan Blog"

Posting Komentar