IBX5980432E7F390 9 Tips Ampuh Amankan Perangkat Android dari Serangan Cyber - sampein aja

9 Tips Ampuh Amankan Perangkat Android dari Serangan Cyber

9 Tips Ampuh Amankan Perangkat Android dari Serangan Cyber


Smartphone Android, Ponsel yang kini jutaan orang di seluruh dunia tak bisa lepas dari genggamannya termasuk saya. Melakukan percakapan dengan keluarga hingga orang terdekat, berfoto, merekam video serta data-data penting kamu miliki hampir semua disimpan rapat-rapat di ponsel Android.

Demi mengantisipasi data yang hilang ataupun ada orang yang jahil mengotak-atik semua data, Ada baiknya kamu harus menanamkan trik khusus ini untuk melindungi diri dari kejahatan cyber seperti penipuan dan pencurian identitas.

BACA JUGA


Mengapa? Karena jika tak diamankan, kamu bukan hanya kehilangan kontak dan data-data penting lainnya saja di Android. Jika pencurian identitas dilakukan terutama dalam hal penting seperti account bank, pasti akan membuat hatimu cukup berantakan.

Termasuk data penting yang kamu lakukan sehari-hari seperti foto, Akun media sosial, email dan akun penting lainnya, bahkan bisa saja dokumentasi pribadi yang kamu miliki tersebar luas secara online yang bisa dilihat dan diunduh oleh seluruh dunia.

Jangan sampai ya hal ini menimpa kamu. Untuk itu akan saya ulas cara mengantisipasinya.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengatisipasi/memperkuat sistem pengamanan perangkat Android kamu

9 Tips Mengamankan Android Dari Tangan Jahil


1. Enkripsi Data

Mengenkripsi data merupakan cara mengamankan data dengan kode rahasia yang hanya dapat diketahui oleh kamu sendiri. Memakai enkripsi data akan membantu kamu meningkatkan sistem keamanan dalam Android.

Kamu hanya dapat membuka enkripsi saat menggunakan jenis pengaturan di smartphone. Oleh Karena itu perlu memiliki password untuk mengakses data yang kamu simpan.

2. Kunci Semua Aplikasi

kamu harus mengunci semua aplikasi yang ada dalam smartphone. Ini hal terpenting untuk jenis aplikasi yang memungkinkan menyimpan informasi pribadi  di mana kamu tidak ingin orang lain mengetahuinya seperti media sosial Facebook.

Unduh aplikasi pengunci di playstore, Ada berbagai macam model untuk mengamankan dengan fitur lock aplikasi buka dan kemudian aktifkan. Untuk aplikasi pilihan yang memungkinkan akses sederhana dan mudah nonaktifkan saja, kecuali kamu ingin ada orang tertentu yang memiliki akses tersebut.

3. Memakai Sistem ​Keamanan ​​Built-In

Untuk setiap smartphone mempunyai berbagai jenis kuncian layar yang tersedia, mulai dari password, pin hingga ke pattern (pola) untuk bisa membuka ponsel, Ingat pastikan kamu memakai setidaknya satu kuncian layar yang dapat dijumpai dalam menu pengaturan. Ciptakan password yang tidak mudah ditebak orang untuk lebih meningkatkan sistem keamanan ponsel kamu.

4. Gunakan Layanan VPN Terbaik

Ini merupakan alternatif penting untuk mengamankan data di internet yaitu menggunakan VPN yang tepat untuk perangkat Android, tetapi ada begitu banyak yang sulit diakses, karenanya Kamu harus mengetahui salah satu layanan terbaik untuk kebutuhan khusus tersebut.

Ada banyak layanan vpn diinternet contohnya seperti vpngate.net dan bestvpnssh.com

Lakukan analisis sebelum mulai membeli, dan yang penting pastikan untuk mempertimbangkan semua pilihan terlebih dahulu dengan hati-hati.

5. Jangan Simpan Semua Sandi

Banyak sekali orang menyimpan semua password akun pribadi mereka ke situs dan layanan online yang mereka pakai.

Jika kamu juga salah satu yang melakukan ini, kemudia ada orang jahil yang mendapatkan perangkat kamu, maka mereka akan senantiasa memiliki akses ke semua password kamu.

Pokoknya jangan pernah menyimpannya di perangkat Android kamu, khusus untuk sandi perbankan atau aplikasi pembayaran apapun.

6. Pakai Beberapa Akun Pengguna

Jika kamu berbagi perangkat dengan orang lain misalnya pasangan atau anak, ada pentingnya bahwa setiap pengguna memiliki akun pribadi mereka masing-masing untuk melindungi privasi.

7. Pasang Software Antivirus

Ada banyak sekali perangkat lunak antivirus yang bertebaran untuk perangkat Android, dan adabaiknya kamu menginstall salah satu dari mereka di ponsel kesayanganmu.

Smartphone itu pada dasarnya merupakam komputer genggam, dan semua perangkat itu juga punya sifat takut terhadap virus seperti yang terjadi pada komputer yang kamu miliki.

8. Unduh Aplikasi yang Aman

Banyak sekali Software dan Aplikasi yang tersedia untuk perangkat seluruh perangkat Android, Namun perlu kamu ketahui ada unduhan aplikasi yang dapat membahayakan ponsel kesayangan.

Untuk perihal ini, Kamu harus memperhatikan penerapan persyaratan lembaga di dalam smartphone sebelum mengunduh suatu apk. Anda juga bisa mengatur antivirus untuk memeriksa setiap aplikasi yang masuk atau diunduh.

9. Hindari Transaksi Keuangan

Kamu sering melakukan pembelian produk secara online? Melakukan Transaksi pembayarannya langsung melalui internet? Kamu harus berhati-hati !

Alangkah baiknya jangan pernah melakukan semua jenis transaksi keuangan pada smartphone android atau tablet. Jika memang harus melakukan transaksi perbankan secara online, pastikan mengenakan komputer pribadi khusus yang telah dilindungi securty password.

Jika kamu mempunyai akses internet yang khusus untuk dipakai rumah, ini akan lebih baik lagi, karena mencegah kesempatan orang lain di lingkungan sekitar kamu untuk berbuat jahil.

Demikianlah ulasan saya mengenai 9 Tips Ampuh Amankan Perangkat Android dari Serangan Cyber yang dapat kamu terapkan sendiri.

Semoga bermanfaat.

(My/Sn)

0 Komentar Untuk "9 Tips Ampuh Amankan Perangkat Android dari Serangan Cyber"

Posting Komentar