IBX5980432E7F390 Mawar Hitam, Mitos atau Fakta? - sampein aja

Mawar Hitam, Mitos atau Fakta?


Sampein Wow - Tanaman mawar yang awalnya berasal dari dataran Eropa Timur, kemudian berkembang ke dataran Cina serta Timur Tengah dan kini tanaman mawar telah berkembang ke berbagai belahan dunia baik yang beriklim tropis maupun non-tropis.

Warna bunga mawar yang selama ini kita kenal dan tahu serta kita lihat antara lain warna merah, putih, kuning, orange, pink, ungu, hijau dan biru (walaupun sebenarnya warna biru bukan warna asli dari tanaman mawar melainkan warna buatan dengan teknik tertentu). Apakah Anda belum pernah melihat atau hanya mendengar mengenai keberadaan mawar hitam? Apakah itu mitos atau fakta?


Mawar Hitam yang hanya dapat tumbuh di Halfeti, Turki
Mawar Hitam yang hanya dapat tumbuh di Halfeti, Turki
Faktanya adalah bahwa tanaman Mawar Hitam itu benar-benar ada dan warnanya bukan warna buatan sebagaimana warna mawar biru. Berbeda dengan bunga anggrek hitam dimana warna dari bunga anggrek hitam sebenarnya merupakan warna merah dengan intensitas yang pekat karena adanya kandungan pigmen antosianin dan senyawa flavonoid yang sangat tinggi,  Mawar hitam benar-benar berwarna hitam bukan merah pekat.

Tanaman Mawar dengan bunga warna hitam tersebut hingga kini hanya dapat ditemui di negara Turki tepatnya di sebuah desa bernama Halfeti, Provinsi Sanliurfa, Turki. Itulah sebabnya mengapa bunga mawar hitam disebut sebagai The Turkish Halfeti Rose. Mawar hitam hanya tumbuh dalam jumlah yang sangat kecil di desa tersebut dan bunganya hanya mekar pada musim panas saja. Bagi masyarakat sekitar dan orang Turki, mawar hitam adalah simbol dari misteri, harapan dan keinginan, tetapi sekaligus juga sebagai simbol kematian dan khabar buruk.

Entah mengapa, tanaman mawar hitam ini tidak dibudidayakan di tempat dan negara lain. Ada yang mengatakan bahwa tanaman mawar hitam hanya dapat tumbuh di tanah dengan tingkat keasaman dan kesuburan tanah tertentu dan ini hanya dapat ditemui di Desa Halfeti yang terletak di pinggiran Sungai Eufrat. Dan orang beranggapan bahwa kesuburan tanah dari desa tersebut berasal dari air Sungai Eufrat. Kenyataan lain juga menyebutkan bahwa otoritas pemerintah setempat telah mengupayakan dengan berbagai cara untuk membudidayakan mawar hitam tersebut dalam rumah-rumah kaca karena berkurangnya pertumbuhan mawar langka di dunia ini. Kelangkaan tersebut diakibatkan juga karena sesungguhnya warga dari Desa Halfeti pada tahun 1990-an telah pindah ke Desa Karaotlak yang jaraknya sekitar 10 km dari Desa Halfeti yang terkena pembangunan bendungan Birecik Dam di Sungai Eufrat.

Kelangkaan bunga mawar hitam telah menjadi daya tarik tersendiri bagi pariwisata Turki dimana banyak wisatawan atau turis dari berbagai negara yang mengunjungi Turki hanya untuk melihat ke-eksostisan dari Mawar Hitam.


0 Komentar Untuk "Mawar Hitam, Mitos atau Fakta?"

Posting Komentar