IBX5980432E7F390 Daftar Masjid Tercepat Dalam Sholat Tarawih - sampein aja

Daftar Masjid Tercepat Dalam Sholat Tarawih

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Sampein - Sholat Tarawih adalah ibadah sholat Sunnah yang khusus dilakukan pada bulan Ramadhan. Waktu pelaksanaan Sholat Tarawih dilakukan selepas Sholat Isya. Dalam prakteknya di Indonesia, jumlah rakaat Sholat Trawaih ada yang 8 rakaat dan 20 rakaat dan ditambah 3 rakaat Sholat Witir. Hal tersebut sesuai dengan mazhab yang dianutnya. Untuk yang melaksanakan Sholat Tarawih 8 rakaat dilakukan sebanyak 4 kali dengan masing-masing 2 rakaat. Sedangkan yang melaksanakan Sholat Tarawih 20 rakaat dilakukan sebanyak 10 kali dengan masing-masing 2 rakaat. Sholat Tarawih ditutup dengan Sholat Witir sebanyak 3 rakaat. Sholat Witir adalah Sholat penutup, jika seseorang ingin melakukan Sholat malam lainnya yaitu Sholat Tahajud maka Sholat Witir dilakukan setelah pelaksanaan Sholat Tahajud.

Sampein - Sholat Tarawih Tercepat
Sholat Tarawih
Selain di masjid, sholat Tarawih dapat juga dilaksanakan di musholla. Jumlah rakaat saat pelaksanaan Sholat Tarawih di suatu musholla atau masjid juga tergantung pada kebiasaan masyarakat setempat. Pelaksanaan Sholat Tarawih 8 rakaat ditambah Sholat Witir 3 rakaat tanpa ada jeda ceramah Ramadhan biasanya memakan waktu sekitar 1 jam (dengan asumsi satu kali Sholat Tarawih sebanyak 2 rakaat paling lama 7 menit termasuk pembacaan doa setelah sholat, 7 menit dikali 4 kali sholat Tarawih memakan waktu 28 menit. Kemudian diiringi pembacaan doa dan niat puasa Ramadhan sebelum pelaksanaan sholat Witir kira-kira kurang lebih 15 menit. Sholat Witir 3 rakaat ditambah pembacaan doa setelah Sholat Witir kurang lebih 20 menit. Total waktu 28 menit + 15 menit + 20 menit = 63 menit atau 1 jam lebih 3 menit). Sementara untuk Sholat Tarawih 20 rakaat, kita asumsikan satu kali Sholat Tarawaih memakan waktu 5 menit karena pertimbahan jumlah rakaat yang lebih banyak maka setiap sholatnya dipercepat dengan pembacaan surah-surah pendek. 5 menit dikalikan 10 menit berarti memakan waktu 50 menit. Setelah sholat tarawih, waktu kita hitung sama dengan di atas. 50 menit + 15 menit + 20 menit = 1 jam 25 menit. Katakanlah kita bulatkan menjadi 1 jam 30 menit paling lama.

Ketika ada suatu musholla atau masjid melaksanakan Sholat Tarawih dengan jumlah rakaat sebanyak 20 rakaat, maka ada hal yang menarik di sini, karena pada prakteknya ada yang melaksanakan Sholat Tarawih 20 rakaat di mushola atau masjid di tempat tertentu dengan waktu dibawah normal atau bisa dibilang Sholat Tarawih cepat. Nah, dimana sajakah mushola atau masjid yang melaksanakan Sholat Tarawih dengan cepat? Berikut ini daftar masjid tercepat dalam pelaksanaan Sholat Tarawih :

Masjid Pondok Pesantren Mambaul Hikam
Sholat Tarawih Tercepat di Masjid Pondok Pesantren Mambaul Hikam
Sholat Tarawih Tercepat di Masjid Pondok Pesantren Mambaul Hikam
Pondok pesantren yang berada di Desa Mantenan, Kec. Udanawu, Kabupaten Blitar, Jawa Timur ini mempunyai tradisi melaksanakan Sholat Tarawih 20 rakaat ditambah Sholat Witir 3 rakaat secara cepat. Bayangkan, hanya dalam waktu sekitar 7 menit saja pelaksanaan Sholat Tarawih dan Witir sebanyak 23 rakaat tersebut. Pondok pesantren yang berdiri sejak tahun 1901 ini mempunyai santri tidak kurang dari 1000 orang santri. Alasan para pengasuh pondok pesantren melaksanakan Sholat Tarawih dengan cepat yaitu untuk menarik warga sekitar karena sebelumnya banyak warga sekitar yang tidak mau ikut sholat karena lelah setelah bekerja di sawah seharian. Sholat yang terhitung cepat ini hanya dilakukan pada Sholat Tarawih saja.


Pesantren Al'Quraniyah

Pesantren ini berada di Desa Dukuhjati, Kec. Krangkeng, Kab. Indramayu, Jawa Barat. Pelaksanaan Sholat Tarawih 20 rakaat ditambah 3 rakaat Sholat Witir hanya membutuhkan waktu sekitar 7 menit saja. Menurut salah satu tokoh masyarakat setempat, hal tersebut dilakukan untuk menarik minat para pemuda di sekitar pesantren yang banyak tidak mau ikut Sholat Tarawih.


Pondok Pesantren Tarate Selatan

Pondok pesantren yang terletak di Desan Pandian, Kecamatan Sumenep, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur ini juga punya tradisi sholat Tarawih yang dilakukan dengan cepat dan ada yang menyebutnya dengan Sholat Tarawih Kilat. Sholat Tarawih 20 rakaat ditambah Sholat Witir 3 rakaat dilakukan hanya sekitar 10 menit saja. Pengasuh pondok pesantren beralasan bahwa pelaksanaan Sholat Tarawih dengan cara cepat tersebut bertujuan menarik minat anak muda untuk ikut Sholat Tarawih di pondok pesantren ini.

Demikian daftar beberapa tempat dan masjid tercepat dalam melaksanakan Sholat Tarawih yang pernah viral, mungkin masih banyak masjid atau musholla yang juga melaksanakan Sholat Tarawih dengan super cepat.




0 Komentar Untuk "Daftar Masjid Tercepat Dalam Sholat Tarawih"

Posting Komentar