IBX5980432E7F390 WASPADA KEJAHATAN SKIMMER ATM MENGINTAI ANDA - sampein aja

WASPADA KEJAHATAN SKIMMER ATM MENGINTAI ANDA




Sampaikan Informasi - Akhir-akhir ini kembali marak kejahatan yang mengincar para nasabah bank terutama kepada para pengguna kartu ATM. Seperti diberitakan Tribunnews.com pada tanggal 16 September 2017 lalu telah ditangkap oleh Unit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Bali dua warga negara asing berkebangsaan Bulgaria di daerah wisata Lovina, Buleleng, Bali. Kedua orang ini diringkus ketika sedang mengambil alat skimmer yang dipasang pada salah satu mesin ATM Bank BUMN di tempat wisata tersebut.
skimmer ATM
Salah satu model skimmer ATM

Selain pelaku kejahatan warga negara asing, tidak sedikit pula kejahatan yang sama yang dilakukan oleh sindikat lokal, seperti video viral yang beredar di beberapa medsos, dimana dalam video tersebut yang menjadi korban adalah seorang wanita. Modus yang dilakukan oleh pelaku kejahatan yang berjumlah tiga orang tersebut diduga dengan memasang alat skimmer atau dengan mengganjal pada slot kartu ATM dan juga pada slot uang di mesin ATM sehingga pada saat korban memasukkan kartu ATM dan melakukan transaksi, kemudian kartu tidak dapat keluar dan korban menyangka gagal transaksi karena uang tidak keluar. Disinilah kemudian para pelaku kejahatan mulai beraksi dengan pura-pura ikut membantu korban.
Perlu diketahui bahwa skimmer adalah alat yang dipasang pada mesin ATM berupa slot kartu ATM yang sangat mirip dengan aslinya. Alat ini dapat merekam semua data pada kartu ATM yang dimasukkan. Selain skimmer, biasanya dipasangkan pula sebuah kamera mini pada penutup papan ketik (keyboard), kamera ini merekam pin yang anda ketikkan ketika anda memulai transaksi di ATM. Ketika data kartu ATM dan Pin Anda telah direkam oleh kedua alat tersebut, maka kemudian pelaku akan menggandakan kartu ATM anda. Setelah itu, pelaku akan menguras habis seluruh isi rekening Anda tanpa Anda sadari.


Model lain Skimmer ATM 
Model lain Skimmer ATM 
Lalu bagaimana meminimalisir agar kita tidak terkena tindak kejahatan semacam ini? Ada beberapa tips dan cara yang dapat Anda lakukan :
  • Saat Anda akan bertransaksi di ATM, carilah ATM yang lokasinya dekat keramaian.
  • Ketika berada di lokasi ATM, perhatikan sekitar Anda apakah ada orang-orang yang mencurigakan atau tidak. Bila Anda mendapati orang-orang yang mencurigakan, lebih baik Anda pindah mencari lokasi ATM lain yang jauh lebih aman.
  • Perhatikan kondisi di sekitar lokasi ATM, apakah terdapat kamera pengawas CCTV atau tidak, dan juga perhatikan pada mesin ATM nya, apakah mencurigakan atau tidak.
  • Jangan pernah Anda meminta bantuan atau dibantu orang lain yang tidak Anda kenal sama sekali selama Anda bertransaksi di ATM.
  • Bila kartu ATM Anda tertelan atau tidak dapat keluar dari mesin ATM, jangan panik, segera hubungi Call Center bank Anda untuk meminta dilakukan pemblokiran kartu ATM Anda.
  • Ikuti saran dari bank Anda yaitu mengganti password atau PIN ATM Anda secara berkala
    Monitor pula saldo yang ada pada rekening ATM Anda, bila ada transaksi yang mencurigakan segera laporkan pada bank Anda.
Itulah beberapa cara untuk meminimalisir kejahatan skimmer ATM dan ingat, selalu Waspada.


0 Komentar Untuk "WASPADA KEJAHATAN SKIMMER ATM MENGINTAI ANDA"

Posting Komentar