IBX5980432E7F390 Cara Mudah Move Aplikasi Android ke SDcard Tanpa Rooting - sampein aja

Cara Mudah Move Aplikasi Android ke SDcard Tanpa Rooting



Sampein Gadget - Kamu mungkin sudah tahu, bahwa banyak Ponsel Smartphone dan Tablet Android di pasaran tidak menanamkan kapasitas memory penyimpanan internal yang cukup besar, tetapi menyediakan slot micro SD untuk menambah daya kapasitas.

Kecil tetapi sangat bermanfaat sekali, mudah dan dapat pula dipindahkan dari satu ponsel ke ponsel lainnya, micro SD ini termasuk benda yang wajib kamu miliki untuk kelengkapan smartphone dan tabletmu.

Terlebih jika kamu sering download aplikasi-aplikasi yang ada di playstore maupun google ke dalam smartphone dan tablet.

Jika hal itu tidak diatur secara manual, maka aplikasi Android yang kamu download akan secara otomatis langsung tersimpan ke dalam memori internal (memori bawaan hp), dan ini yang bisa menjadi masalah karena kapasitas memori internal bisa membengkak dan akan menyebabkan hal yang fatal.

Baca juga :


Saat kapasitas penuh, kamu akan mulai merasakan performa Smartphone kesayanganmu semakin melambat.

Namun, kamu tak perlu cemas karena salah satu cara sederhana/gampang untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan memindahkan aplikasi yang tersimpan pada memori internal itu ke micro SD.


Terus gimana caranya? Berikut ini adalah cara mudah move aplikasi yang saya ulas untuk kamu. Iya kamu hehe

Sebelum melakukan proses pemindahan, ada beberapa bahan yang harus kamu siapkan, diantaranya :

  • File MoveToSD, apa itu? file yang akan dibuka di dalam komputer nanti
  • Kabel USB
  • USB driver sesuai dengan merk perangkat Android kesayangan kamu.


Cara Mudah Transfer Aplikasi Android ke Micro SD Tanpa Root

Setelah mempersiapkan bahannya, yang perlu kamu lakukan sekarang install dulu semuanya softwarenya dan tinggal lakukan proses pemindahan aplikasi yang diinginkan.

Berikut adalah caranya:

  1. Aktifkan Mode USB Debugging, caranya pergi ke menu Settings > Developer options lalu klik kotak untuk memberi tanda centang pada menu USB Debugging.
  2. Setelah aktif, colokan perangkat Android kamu dan hubungkan ke komputer. Pastikan kabel data yanv digunakan original dan terpasang dengan baik ke PC atau notebook kamu.
  3. Ekstrak file MoveToSD.zip yang telah di download tadi. Nanti di dalamnya, kamu akan menemukan folder dengan file bernama Enable Move to SD.bat. Klik file tersebut, dan nanti akan muncul file cmd. Saat muncul, kamu hanya cukup diamkan saja.
  4. Jika telah sukses, kamu bisa masuk ke menu Settings > Manage Applications. Sudah masuk, kamu tinggal pilih sesuka hati aplikasi mana yang ingin dipindahkan ke SDcard.
  5. Langkah terakhir, Setelah menentukan aplikasi mana yang akan dipindahkan, kamu tinggal tekan tombol Move to SD Card.
  6. Sekarang, kamu tunggu proses pemindahan aplilkasinya hingga selesai. Dan ini bisa dilakukan semau kamu kapan pun itu.

Cukup mudah bukan? Ini sangat membantu sekali untuk memperluas Internal Memory kamu.

Dengan tips di diatas, kamu tidak perlu repot-repot me-root smartphone Andorid kesayanganmu.

Selamat mencoba. Salam Sampein..

0 Komentar Untuk "Cara Mudah Move Aplikasi Android ke SDcard Tanpa Rooting"

Posting Komentar