IBX5980432E7F390 7 Langkah Mudah Membuat SIM Online di Smartphone - sampein aja

7 Langkah Mudah Membuat SIM Online di Smartphone

7 Langkah Mudah Membuat SIM Online di Smartphone

SIM Online - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memberikan kabar gembira kepada warga indonesia karena memberikan terobosan baru yakni layanan pembuatan SIM Online.

Dengan terobosan baru ini, masyarakat kita dapat dengan instan membuat atau memperpanjang SIM secara digital.

Sebenarnya, hal ini telah diterapkan sejak tahun 2015 lalu, tetapi layanannya hanya khusus untuk proses perpanjangan SIM lama.

Kali ini, tim Korps telah mengupgrade layanannya sehingga bisa melakukan proses pembuatan SIM baru secara online.

BACA JUGA


Fitur yang menarik dari SIM Online ini adalah, pendaftaran dapat dilakukan tidak berdasarkan domisili (asal tempat tinggal)

Menurut Jendral Tito Karnavian saat peluncuran sistem teranyar ini, syarat utama proses pendaftaran harus memakai e-KTP dengan melakukan pembayaran melalui ATM.

Berbarengan dengan peluncuran layanan SIM Online, Korlantas Polri juga telah merilis aplikasi keren e-Tilang dan e-Samsat.

Terobosan ini juga diharapkan akan bisa memudahkan masyarakat dan juga meningkatkan kualitas penegakan hukum terkait pelanggaran lalu lintas yang sering terjadi.

Lalu, gimana sih cara mendaftar SIM Online ini? Berikut ulasan singkat mengenai tahap untuk pembuatan SIM online yang dirangkum dari berbagai sumber.

Berikut Langkah Singkat Membuat SIM Online

1. Pergi ke laman http://sim.korlantas.polri.go.id

2. Klik Menu pendaftaran SIM Online.

3. Pilih jenis permohonan, sesuai dengan yang akan Anda lakukan entah itu perpanjangan atau pembuatan SIM baru. Lalu ikuti alur pendaftaran.


4. Sudah pendaftaran sukses, pemohon bisa langsung melakukan pembayaran registrasi melalui ATM, EDC, atau Teller di seluruh kota.

5. Selanjutnya kamu pergi ke lokasi Satpas/Gerai/SIM keliling yang telah kamu pilih ketika pendaftaran dan ingat jangan lupa membawa Surat Keterangan Sehat dari dokter.

6. Identifikasi dan Verifikasi data Anda oleh pihak kepolisian seperti : pengambilan foto, pengambilan sidik jari, dan tanda tangan pemohon

7. Terakhir, Anda sebagai Pemohon akan menjalani sebuah ujian teori dan pratik yang susah-susah gampang. Apabila Anda lulus, SIM baru langsung siap untuk dicetak dan bisa kamu bawa pulang.

Demikianlah ulasan mengenai 7 Langkah Mudah Membuat SIM Online di Smartphone terbaru 2016 yang bisa kamu praktekan sendiri.

Semoga berhasil dan semoga bermanfaat. Terimakasih

(My/Sn)

0 Komentar Untuk "7 Langkah Mudah Membuat SIM Online di Smartphone"

Posting Komentar